Indonesia | English

Kompetensi Keahlian Tata Boga

Bidang keahlian tata boga adalah suatu bidang keahlian/jurusan yang mendidik siswa dalam bidang makanan dan minuman dalam hal produk dan jasa. Bidang keahlian ini terbagi menjadi dua program keahlian yaitu Program Keahlian Restaurant dan Program Keahlian Patiseri. Program keahlian restaurant adalah program tata boga yang terfokus pada makanan dan minuman yang dikelola di hotel dan restaurant yang bertaraf nasional maupun internasional.

Tujuan program keahlian tata boga secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan program keahlian restoran adalah membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  • Mengolah dan menyajikan makan kontinental yang terdiri dari makanan pembuka, makanan utama dan makan penutup.
  • Mengolah dan menyajikan makanan Indonesia yang terdiri dari makanan pembuka, makan pokok, lauk pauk dan makanan penutup.
  • Melayani makan dan minum baik di restoran maupun di kamar tamu, serta menata meja makan dan meja prasmanan.
  • Mengolah dan menyajikan aneka minuman non alkohol.
  • Mengorganisir operasi pelayanan makan dan minum di restoran.

Untuk mendukung tujuan tersebut sekolah yang menyelenggarakan program keahlian restoran harus memiliki restoran untuk pelatihan (training restoran) dan restoran untuk usaha (real restoran).

Ketua Bidang/Program Keahlian Restaurant : Siti Salda, S.Pd

SMK Negeri 6 Palembang
Jalan Mayor Ruslan Palembang 30114
Telp/Fax : 0711-350954
e-mail : smkn6palembang@yahoo.com